Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Telat Haid

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Telat Haid

telat haid

Haid merupakan siklus alami yang menandakan seorang wanita sudah memasuki masa pubertas. Haid menjadi tanda bahwa sistem reproduksi seorang wanita sudah siap untuk dibuahi. Haid mempunyai masa selama 3 hingga 15 hari dengan siklus tertentu. Setiap wanita mempunyai siklus haid yang berbeda-beda, bahkan ada yang mengalami telat haid karena berbagai faktor.

 

Siklus haid yang teratur terjadi selama sekitar 28 hari. Namun tidak semua orang mengalami siklus haid tersebut. Haid datang ditandai dengan masalah seperti sakit perut, sakit pinggang dan sebagainya. Haid akan membersihkan semua darah kotor yang ada dalam tubuh, sehingga haid bukan hal yang menakutkan, justru jika belum tiba masa haid itulah yang harus diperhatikan.

 

Penyebab Telat Haid

Masa haid yang telat dapat dialami siapa saja. Bagi Anda yang menjalani program hamil biasanya sering mengalami hal ini. Terlambat haid bisa jadi karena adanya masalah kesehatan pada tubuh Anda atau karena gen atau faktor bawaan. Berikut penyebab datangnya haid yang telat yang harus Anda ketahui.

 

  1. Polycystic Ovary Syndrome

Polycystic ovary syndrome atau PCOS merupakan salah satu gangguan ketidakseimbangan antara hormon kehamilan pada wanita. Dimana seorang wanita tidak mempunyai folikel tambahan untuk membuat sel telur dan dilepas lebih lama dari biasanya. Jika tidak ada telur yang dilepas maka tidak akan terjadi haid atau menstruasi.

 

  1. Gangguan Stress

Stress bisa menjadi pemicu terlambat haid. Karena stress dapat memengaruhi hipotalamus yang dapat menyebabkan gangguan hormon pada indung telur. Seorang wanita yang mengalami stress cenderung akan terganggu siklus haid nya dan membuat haid tidak teratur hingga stress tersebut berkurang.

 

  1. Berat Badan Turun Berlebihan

Penyebab terlambat haid bisa juga karena terjadi penurunan berat badan secara berlebihan. Kondisi ini dapat membuat hormon terganggu dan haid menjadi terlambat. Menurut spesialis kandungan dari Houston Methodist Obstetrics and Gynecology Associates menyatakan bahwa penurunan berat badan dapat mematikan hormon stimulasi folikel dan hormon luteinizing yang berfungsi untuk mengatur ovarium.

 

  1. Tumor Pituitari

Penyebab telat haid karena Tumor Pituitari memang jarang terjadi. Namun adanya Tumor Pituitari dapat membuat dan mengatur hormon untuk memproduksi ASI meningkat sehingga dapat menyebabkan haid menjadi terlambat. Tanda adanya Tumor Pituitari ini adalah sakit kepala, penglihatan buram, dan adanya cairan dari payudara padahal Anda tidak sedang menyusui.

 

  1. Kelenjar Tiroid Terlalu Aktif

Jika kelenjar tiroid terlalu aktif maka dapat membuat haid menjadi tidak teratur. Kelenjar tiroid ini mempunyai fungsi untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Perubahan hormon berkaitan dengan perubahan gula darah sehingga pada penderita diabetes tidak mampu mengontrol gula darah dalam tubuhnya dan sering mengalami haid yang tidak teratur.

 

  1. Konsumsi Pil Kontrasepsi

Konsumsi obat-obatan seperti pil kontrasepsi dapat menyebabkan haid menjadi tidak teratur. Pil kontrasepsi ini mengandung hormon progestin dan hormon estrogen yang dapat membuat indung telur menjadi tertahan. Pil ini seperti suntik atau implan yang masuk dalam tubuh dan untuk mengembalikan siklus haid normal kembali dibutuhkan waktu selama 6 bulan.

 

  1. Faktor Menopause

Seorang wanita yang sudah memasuki usia 40 tahun akan mengalami menopause. Sebelum masa tersebut datang, siklus haid menjadi tidak teratur bahkan bisa jadi haid berhenti. Gejala menopause ini ditandai dengan vagina kering dan berkeringat pada malam hari. Gejala lainnya sulit buang air kecil dan bagian mata, mulut menjadi kering. Masa menopause ini mengakibatkan gangguan emosi dan penurunan gairah seksual.

 

  1. Olahraga Berlebihan

Olahraga yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi tidak seimbang dan siklus haid menjadi terganggu. Olahraga berat ini dapat menimbulkan risiko tidak haid selama 3 siklus secara berturut-turut. Kegiatan atau pekerjaan yang berat juga dapat menyebabkan haid terlambat. Hal ini sering dialami oleh para atlet atau para karyawan yang sering melakukan pekerjaan berat.

 

  1. Kadar Hormon Prolaktin Tinggi

Wanta yang sedang menyusui mempunyai kadar hormon prolaktin yang tinggi sehingga mereka tidak haid. Pada masa menyusui bisa jadi siklus haid berhenti yang ditandai dengan keluarnya cairan pada payudara saat menyusui dan hamil. Tanda tersebut menjadi awal masa haid Anda tidak teratur.

 

  1. Masa Menyusui

Pada masa menyusui seorang wanita akan mengalami terlambat haid bahkan haid bisa jadi berhenti. Hal ini terjadi karena terjadi peningkatan kadar hormon dalam tubuh sehingga akan menekan ovulasi. Kondisi ini tidak berarti Anda tidak bisa hamil lagi. Masa pembuahan bisa terjadi meski Anda tidak haid. Siklus haid akan normal setelah 6 hingga 8 minggu.

 

  1. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan siklus haid tidak taratur. Karena kandungan rokok seperti nikotin dapat memengaruhi hormon progesteron dan estrogen pada tubuh wanita dan hormon tersebut mempunyai fungsi dalam siklus haid. Karena itu, wanita tidak boleh merokok karena dapat mengganggu kesehatan khususnya pada sistem reproduksi.

 

  1. Berat Badan Naik

Selain penurunan berat badan yang berlebihan, kenaikan berat badan juga dapat menyebabkan haid menjadi terlambat. Berat badan yang naik dapat memicu perubahan hormon dalam tubuh. Seorang wanita yang mempunyai indeks tubuh sekitar 25 hingga 30 lebih mempunyai risiko mengalami haid terlambat sehingga disarankan untuk melakukan olahraga yang teratur.

 

  1. Haid Pertama

Bagi wanita yang baru pubertas dan pertama kali haid, siklus haid belum normal dan tidak teratur. Masa ini sering dialami oleh para remaja yang baru pubertas. Setelah beberapa bulan, siklus haid akan normal dengan sendirinya karena keseimbangan hormon akan membaik kembali.

 

  1. Kontrasepsi

Jika Anda sedang menggunakan kotrasepsi dapat menyebabkan haid tidak teratur. Namun, wanita yang menggunakan pil KB tidak mengalami haid selama siklus tersebut. Karena pil jenis kontrasepsi ini dapat berbentuk suntik atau implan yang dapat menyebabkan haid tidak keluar atau berhenti.

 

  1. Faktor Gen

Jika seorang wanita mengalami masa haid yang tidak teratur bisa jadi karena faktor gen atau keturunan dari ibunya. Karena gen dapat menyebabkan hormon dalam tubuh yang berperan dalam sistem reproduksi ini terpengaruhi dan menyebabkan siklus haid yang tidak lancar atau tidak teratur.

 

Cara Mengatasi Telat Haid Secara Alami

Setelah Anda mengetahui penyebab haid terlambat, Anda harus mengetahui cara untuk mengatasi masalah haid tersebut. Anda banyak cara yang dapat Anda lakukan termasuk dengan menggunakan bahan yang alami dan dapat ditemukan dengan mudah. Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah haid.

 

  1. Jahe

Semua orang pasti mengenal jahe, karena jahe mempunyai ciri khas pada aromanya yang hangat. Jahe dapat digunakan untuk mengatasi haid yang telat. Jahe dapat membuat aliran darah meningkat. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan jahe dan ditambah madu lalu diminum secara teratur. Jahe juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada saat sedang haid.

 

  1. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh. Kunyit mempunyai khasiat untuk mengatasi telat datang bulan. Cara mengkonsumsinya dengan minum air rebusan kunyit secara teratur. Kunyit dapat berperan untuk mengatur ketidakseimbangan hormon dan siklus haid. Kunyit mempunyai sifat inflamsi dan antispasmodic yang dapat mengatasi kram juga.

 

  1. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung zat besi yang berfungsi untuk mengatur fungsi hormon dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi wortel secara langsung atau dibuat jus. Minum jus wortel selama 3 bulan berturut-turut untuk membuat siklus haid menjadi normal kembali.

 

  1. Adas

Adas juga dapat digunakan untuk mengatasi telat datang bulan. Adas dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh secara efektif. Adas mempunyai sifat antispasmodic yang mampu meredakan rasa nyeri pada saat haid juga. Anda dapat mengkonsumsi adas dengan teratur untuk membuat siklus haid normal kembali.

 

  1. Kayu Manis

Cara untuk mengatasi masalah terlambat datang bulan selanjutnya adalah kayu manis. Kayu manis mempunyai efek untuk menghangatkan tubuh sehingga dapat membuat haid menjadi teratur. Kayu manis juga mengandung hydroxychalcone yang dapat membantu tubuh dalam mengatur kadar insulin. Anda dapat mengkonsumsi kayu manis bersama dengan makanan yang sehat.

 

  1. Biji Ketumbar

Biji ketumbar dapat digunakan untuk mengatasi terlambat haid. Cara untuk mengkonsumsi biji ketumbar ini dengan cara direbus dan disaring, lalu diminum 3 kali sehari untuk membuat siklus haid menjadi teratur kembali. Anda dapat mengkonsumsi rebusan biji ketumbar ini secara teratur.

 

  1. Biji Wijen

Selain biji ketumbar, biji wijen juga dapat digunakan untuk mengatasi terlambat datang bulan. Anda yang sedang mengalami siklus haid yang tidak lancar dapat meminum rebusan biji wijen setiap pagi pada saat kondisi perut kosong. Karena hal tersebut dapat membuat aliran darah meningkat dan siklus haid menjadi tepat waktu.

 

  1. Cuka Apel

Cuka apel dapat membantu Anda mengatasi telat datang bulan. Cara mengkonsumsi cuka apel ini dengan meminum 1 hingga 2 sendok makan secara teratur dan cuka apel akan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh Anda dapat membuat siklus haid menjadi lancar dan tidak bermasalah lagi.

 

  1. Vitamin C

Vitamin C mempunyai kontribusi yang banyak dalam masalah kesehatan tubuh. Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi estrogen yang dapat membuat siklus haid menjadi lancar. Anda dapat mengkonsumsi vitamin C pada buah jeruk, apel, tomat, dan buah lainnya yang mengandung vitamin C tinggi.

 

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang mempunyai banyak manfaat. Daging lidah buaya dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah haid. Lidah biaya dapat mengembalikan siklus haid menjadi teratur kembali. Anda dapat mengkonsumsi nya dengan campuran madu agar rasanya lebih enak dan tidak berbau.

 

  1. Pepaya Mentah

Pepaya memang dapat membuat pencernaan menjadi lancar. Dan pepaya mentah juga mempunyai manfaat untuk mengatasi telat datang bulan. Pepaya yang masih mentah dapat mengontraksi otot pada rahim yang nantinya akan berguna untuk menginduksi haid atau menstruasi. Sehingga siklus haid menjadi normal kembali.

 

  1. Buah Anggur

Buah anggur tidak hanya sekedar enak dimakan saja, namun anggur juga dapat mengatasi masalah telat datang bulan. Anda dapat mengkonsumsi buah anggur secara langsung secara rutin atau dibuat jus anggur agar rasanya lebih enak. Konsumsi jus anggur ini setiap pagi atau sore hari/

 

  1. Peterseli

Biasanya peterseli ini digunakan untuk garnish makanan saja. Namun, peterseli juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah haid. Untuk mengkonsumsi peterseli ini caranya dengan menggiling peterseli dan dicampur dengan air lalu diminum secara teratur. Peterseli dapat membuat siklus haid menjadi normal kembali.

 

  1. Saffron

Rempah ini memang termasuk rempah yang harganya mahal. Namun saffron mempunyai manfaat untuk mengatasi masalah terlambat haid. Anda dapat mengkonsumsi rempah ini dengan cara meminum air rebusan safron sebanyak 3 kali dalam sehari hingga siklus haid menjadi lancar kembali.

 

  1. Pare

Pare memang terkenal dengan rasanya yang pahit. Namun, pare dapat mengatasi masalah pada siklus haid. Pare dapat dikonsumsi menjadi olahan sayur atau direbus saja. Anda juga dapat membuat jus pare dan diminum selama beberapa minggu hingga siklus haid kembali normal.

 

Cara Mengatasi Telat Haid dengan Obat

obat telat haid

Selain menggunakan cara yang alami. Untuk mengatasi terlambat datang bulan juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan. Namun, pastikan terlebih dahulu pada dokter agar tidak salah dalam memilih obat haid tersebut. Obat pelancar haid ini dapat ditemukan di apotik dan dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon dan membantu untuk melepaskan sel telur. Berikut obat pelancar haid yang aman untuk dikonsumsi.

  1. Cytotec

Obat Cytotec adalah obat yang digunakan untuk mencegah sakit maag dan dapat digunakan untuk masalah pencernaan. Cytotec dapat mengurangi risiko komplikasi ulkus yang serius seperti pendarahan serta dapat melindungi lapisan lambung untuk menurunkan jumlah asam. Obat ini juga bisa diresepkan untuk aborsi.

 

  1. Clomiphene

Obat pelancar haid ini sering disebut juga dengan serophene. Bagi wanita yang tidak teratur haidnya dapat mengkonsumsi obat ini. Obat tersebut dikenal dengan obat penghambat estrogen sehingga kelenjar hipotalamus melepaskan hormon yang berfungsi untuk merangsang ovarium dan menghasilkan banyak sel telur.

 

Sekitar 80% wanita yang mengkonsumsi obat pelancar haid ini akan berovulasi selama 7 hari dan siklus haid akan teratur kembali. Namun, obat ini mempunyai efek samping yaitu mual, sakit kepala, kembung, dan sensasi panas dalam tubuh. Efek samping tersebut dapat sembuh dengan cepat dan tidak berbahaya.

 

  1. Gonadotropin

Obat pelancar haid selanjutnya adalah Gonadotropin. Obat pelancar haid ini di suntikan dalam tubuh jika hormon tidak mencukupi. Hormon yang merangsang indung telur akan lebih aktif dan dapat memproduksi sel telur dan melepaskannya dalam haid atau menstruasi. Sehingga dengan obat pelancar haid ini siklus haid menjadi normal kembali.

 

Sama seperti obat lainya obat pelancar ini juga mempunyai efek samping yaitu dapat menyebabkan bengkak dan memar kemerahan pada area kulit yang disuntik. Dan obat ini juga dapat menyebabkan rahim menjadi lunak karena adanya penumpukan cairan dari obat tersebut.

 

  1. Pil KB

Pil KB dapat mencegah kehamilan, dan juga dapat digunakan untuk obat pelancar haid. Haid akan kembali norma setelah mengkonsumsi pil KB selama 6 bulan secara teratur. Obat ini dapat meningkatkan produksi protein globulin dan mengikat hormon seks. Pil KB mengandung protein yang dapat mengikat hormon androgen utama.

 

Selain itu, pil KB juga dapat mengurangi rasa nyeri saat haid, dan mengurangi keram, jerawat, dan pertumbuhan rambut pada wajah bisa berkurang. Namun pil KB mempunyai efek samping yaitu membuat suasana hati mudah berubah, kenaikan dan penurunan berat badan yang tinggi, perut kembung, pendarahan tidak teratur dan nyeri pada payudara.

 

  1. Progestin

Obat telat haid selanjutnya adalah Progestin. Obat ini mempunyai fungsi untuk memproduksi hormon yang berguna untuk mempersiapkan tubuh menuju pembuahan. Serta dapat mengendalikan hasrat seks dan dapat mengatur siklus haid. Obat pelancar haid ini dapat menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh.

 

Progestin mempunyai efek samping yaitu pusing atau sakit kepala, perut kembung, keputihan, serta nyeri pada area payudara. Serta obat ini juga dapat menghilangkan hasrat seks. Efek samping tersebut bisa lebih parah dan harus dikonsultasikan dengan dokter agar tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh.

 

  1. Metformin

Obat pelancar haid ini bertujuan untuk merangsang sensitivitas insulin dan dapat mengendalikan diabetes. Obat ini dapat menyeimbangkan hormon pada wanita yang menderita PCOS. Wanita yang mempunyai indeks masa tubuh diatas 35 atau menderita obesitas akan mengalami siklus haid yang tidak teratur. Sehingga dapat mengkonsumsi obat pelancar haid yang satu ini.

 

  1. Parlodel

Obat untuk mengatasi haid tidak lancar ini dalam bentuk kapsul dan tablet. Dosis obat ini sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuai dengan petunjuk dokter. Minum obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Obat ini dapat mengatasi berbagai masalah seperti keluarnya cairan pada puting susu, dan sulit hamil.

 

Efek samping dari obat ini adalah dapat menimbulkan mual, muntah, mulas dan diare. Obat ini juga dapat membuat keram perut, selera makan menghilang dan bisa membuat tubuh menjadi lemas. Obat Parlodel juga dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing. Sehingga jika efek samping tersebut muncul, segera konsultasikan pada dokter.

 

Tanda-tanda Telat Haid

tanda tanda telat haid

Sebelum siklus haid tidak lancar, biasanya akan muncul tanda-tanda yang dirasakan oleh tubuh. Pada umumnya gejala terlambat haid ini tergantung dari penyebabnya. Namun, gejala tersebut juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainya, seperti berikut.

 

  1. Muncul jerawat berlebih

Jika Anda biasanya tidak mempunyai jerawat, dan tiba-tiba muncul banyak jerawat pada area wajah. Bisa jadi karena hormon dalam tubuh yang menyebabkan siklus haid terganggu. Jerawat juga bisa disebabkan karena aktivitas yang berat dan faktor stress sehingga dapat memengaruhi aliran darah dan membuat haid terganggu.

 

  1. Perut kembung

Biasanya haid yang tidak teratur ini ditandai dengan perut yang terasa kembung. Perut terasa penuh dan kembung karena produksi hormon tubuh yang tidak seimbang. Konsumsi makanan yang tidak teratur juga dapat membuat perut menjadi penuh dan berisi udara.

 

  1. Payudara lebih sensitif

Tanda telat datang bulan ini yang paling sering adalah payudara yang lebih sensitif. Payudara akan mengalami nyeri yang tidak seperti biasanya. Karena tubuh yang tidak seimbang yang menyebabkan payudara mengencang dan perut menjadi keram. Jika Anda mengalami hal tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

 

  1. Sakit kepala

Sakit kepala juga dapat menjadi tanda akan terlambat datang bulan. Biasanya sebelum pusing atau sakit kapala, ditandai juga dengan lemas, lesu dan tubuh berasa tidak bertenaga. Karena aliran darah tidak lancar sehingga membuat kepala terasa pusing dan tubuh tidak dapat beraktivitas seperti biasanya.

 

  1. Keram perut

Selain payudara, perut juga akan mengalami keram dan sakit pada bagian bawah atau punggung. Nyeri pada pinggul juga dapat menjadi awal dari siklus haid yang tidak lancar dan telat datang bulan. Oleh karena itu, segera konsultasikan pada dokter sebelum haid menjadi bermasalah.

 

Cara Mengetahui Siklus Saat Telat Haid

cara menghitung telat haid

Jika Anda sedang mengalami masalah mengenai siklus haid. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui berapa lama Anda mengalami telat datang bulan tersebut. Ana dapat mengenali dan mendeteksi waktu yang paling subur dan melacar ovulasi dengan haid yang tidak teratur tersebut dengan cara sebagai berikut.

 

  1. Menandai kalender

Untuk mengecek siklus haid yang paling mudah adalah dengan menandai kalender haid.Gunakan kalender untuk merekam siklus haid Anda. Dengan menggunakan kalender tersebut Anda dapat mengetahui apakah siklus haid Anda lancar atau tidak. Biasanya masa haid setiap 28 hingga 45 hari, maka Anda dapat menandai masa tersebut pada kalender haid Anda.

 

Jika ternyata masa haid Anda terlambat, maka Anda dapat konsultasi ke dokter sesuai dengan jumlah hari yang melewati batas haid tersebut. Siklus haid iniĀ  dapat membuat Anda mengetahui kapan haid akan datang pada setiap bulanya. Dan dapat mengetahui barapa lama Anda telat untuk datang bulan.

 

  1. Cek lendir pada rahim

Cara selanjutnya dengan melakukan mengecekan lendir pada rahim. Lendir rahim merupakan sekresi vagina yang dapat menjadi petunjuk yang baik untuk ovulasi. Setelah selesai haid, lendir pada rahim tidak ada dan akan muncul kembali ketika menjelang masa haid. Selama ovulasi tersebut lendir akan berwarna jelas transparan, kental dan elastis. Hari paling subur ditandai dengan kondisi lendir berwarna terang, licin dan paling melar.

 

  1. Cek suhu basal tubuh

Untuk melakukan mengecekan suhu tersebut menggunakan termometer khusus yaitu termometer basal digital. Termometer ini dapat menghitung suhu tubuh dengan detail dan rinci. Anda harus mengecek suhu basal tubuh setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apapun. Jika sudah melakukan aktivitas sedikit saja dapat memengaruhi suhu tubuh Anda. Jika terjadi lonjakan suhu tubuh maka menujukan akan masuk masa ovulasi.

 

  1. Melakukan tes urin

Untuk memeriksa siklus haid dapat dilakukan dengan tes urin. Alat periksa ovulasi ini berfungsi untuk mengetahui hormon yang ada dalam urin. Sehingga Anda dapat mengetahui masa ovulasi akan datang berapa lama lagi. Alat ini berupa mesin kecil untuk mengumpulkan urin dan dicek untuk menentukan masa ovulasi Anda.

 

  1. Melakukan tes darah

Cara yang paling efektif dan aman adalah dengan melakukan cek darah di lab. Anda dapat cek darah secara rutin untuk mengetahui kapan Anda akan haid. Biasanya dokter akan merekomendasikan tes darah untuk menentukan kadar hormon selama siklus haid. Tes darah ini dapat membantu Anda menentukan apakah sedang ovulasi atau tidak atau menentukan tes kehamilan.

 

Masalah Umum Telat Haid

Haid yang terlambat merupakan kondisi yang sangat umum terjadi dan penyebabnya bermacam-macam. Masalah umum yang terjadi saat telat datang bulan adalah karena hormon, aktivitas seksual, kekurangan gizi dalam tubuh, stress dan berbagai masalah lainnya yang membuat tubuh menjadi tidak seimbang.

 

Jika Anda mengalami haid yang tidak lancar, pastikan Anda langsung konsultasikan ke dokter agar dapat mengetahui penyebabnya. Haid tidak selalu pasti datangnya kadang bisa lebih awal atau lebih lambat. Saat memasuki usia menopouse barulah siklus haid akan terhenti dengan sendirinya. Dan saat Anda memasuki masa kehamilan haid juga akan terhenti karena sel telur sudah dibuahi.

 

Telat haid merupakan kondisi yang sering terjadi saat memasuki satu atau lebih siklus haid. Siklus haid sendiri yang normal adalah 21 hingga 35 hari. Namun setiap wanita mempunyai siklus haid yang bermacam-macam dengan durasi haid selama 2 hingga 8 hari. Haid yang datang terlambat disebabkan karena banyak faktor dan merupakan kondisi normal yang dialami oleh wanita.

Tinggalkan komentar