Penyebab Haid Tidak Lancar dan Cara Mengatasinya

Penyebab Haid Tidak Lancar dan Cara Mengatasinya

obat pelancar haid

Haid  merupakan sebuah siklus bulanan yang rutin dialami oleh semua wanita. Namun terkadang siklus tersebut tidak berjalan dengan lancar bagi sebagian wanita. Siklus yang tidak lancar tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah haid yang tidak lancar, salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat pelancar haid.

Haid tidak lancar biasanya umum terjadi pada sebagian wanita. Masalah yang ditimbulkan pun biasanya dipicu oleh berbagai hal, mulai dari hal yang ringan ataupun yang berat. Terlepas ringan atau beratnya pemicu tersebut, Anda tetaplah harus mengetahui apa penyebab ketidaklancaran siklus tersebut. Dengan demikian, Anda dapat menentukan tindakan apa yang harus dilakukan.

Penyebab Haid Tidak Lancar

obat melancarkan haid

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak sekali pemicu masalah yang menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Pemicu tersebut ada yang berdampak ringan ataupun ada yang memiliki dampak yang cukup membahayakan. Berikut ini merupakan beberapa pemicu yang menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Pemicu tersebut antara lain adalah:

  1. Stress

Pemicu pertama yang bisa menyebabkan haid menjadi tidak lancar adalah stress. Stress merupakan pemicu yang paling sering dialami oleh sebagian besar wanita yang mengalami siklus haid yang tidak lancar. Banyak hal yang bisa menyebabkan seorang wanita merasakan stress. Diantaranya adalah masalah pekerjaan, keuangan, hubungan, ataupun masalah lain.

Stress tentu saja terjadi pada otak. Ketika Anda mengalami stress, maka akan banyak sekali bagian otak lainnya yang terpengaruh. Salah satu bagian tersebut adalah hypothalamus. Hypotalamus adalah suatu hormone yang mengatur periode haid Anda. Jika bagian hypothalamus ini terganggu, maka siklus haid Anda akan ikut terganggu juga.

Oleh karena itu, usahakanlah agar Anda tidak mengalami stress. Jika Anda mengalami masalah maka segera selesaikan agar tidak menimbulkan stress yang berkepanjangan. Selain itu, jika merasa jenuh, cobalah untuk memberikan otak Anda sedikit refreshing dengan cara melakukan hal-hal yang disukai.

  1. Ketidakseimbangan Pada Hormon

Penyebab lainnya yang dapat memicu masalah haid yang tidak lancar adalah hormon Anda yang tidak seimbang. Produksi hormon yang tidak teratur akan menyebabkan ketidakseimbangan pada jumlah hormon tersebut. Adapun hormon yang mempengaruhi siklus haid adalah hormon progestreron dan hormon estrogen.

Jumlah hormon progestreron dan hormone estrogen yang tidak seimbang akan mempengaruhi produksi sel telur pada kandung telur. Gangguan pada otak, kandung telur, kelejar tiroid dan kelenjar pada otak akan menyebabkan produksi hormon tersebut menjadi tidak stabil. Hal tersebutlah yang menyebabkan siklus haid Anda menjadi tidak stabil.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan hormon progesteron dan hormon estrogen pada tubuh Anda. Salah satunya adalah dengan mencegah stress. Sebisa mungkin hindarkan diri Anda dari jangkauan stress. Selain itu, ada juga wanita yang memilih untuk mengonsumsi obat pelancar menstruasi agar siklus menstruasinya kembali normal.

  1. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Salah satu hal yang juga dapat berpengaruh terhadap siklus haid adalah gaya hidup yang Anda jalani. Gaya hidup yang kurang sehat dapat membuat siklus datang bulan Anda menjadi tidak teratur. Gaya hidup yang tidak sehat akan mempengaruhi kinerja kelenjar tiroid sehingga hormon yang dihasilkan akan menjadi tidak stabil.

Ketidakstabilan antara hormon progestreron dan hormon estrogen lah yang membuat siklus datang bulan menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, selalu jaga gaya hidup Anda agar siklus datang bulan menjadi lancar. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, rutin berolahraga, dan jaga pola tidur Anda.

  1. Program Diet yang Terlalu Ketat

Ternyata, program diet yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Ada banyak wanita yang mengalami keterlambatan dalam siklus datang bulan mereka. Setelah diselidiki ternyata para wanita tersebut sedang dalam program diet yang sangat ketat.

Berolahraga terlalu keras dan mengurangi porsi makan secara drastis akan sengat berpengaruh terhadap siklus haid Anda. Hal ini akan menyebabkan produksi hormon menjadi terhambat, akibatnya siklus haid juga akan menjadi tidak lancar. Bahkan untuk keadaan yang lebih parah, Anda bisa saja terkena bulimia dan anoreksia karena diet yang terlalu ketat.

  1. Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid merupakan sebuah kelenjar yang berfungsi untuk mengatur metabolisme yang ada pada tubuh Anda. Salah satu kelenjer penting pada manusia ini terletak di bagian leher Anda. Kelenjar ini berfungsi juga untuk menjaga sistem seluruh tubuh agar berjalan secara seimbang. Gangguan pada kelenjar tiroid juga dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter. Mintalah dokter tersebut untuk mengecek kadar hormon tiroid yang ada di dalam darah Anda. Karena jika terjadi ketidakseimbangan jumlah hormon tiroid, maka akan mengganggu siklus haid rutin bulanan Anda.

  1. Menderita Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) merupakan sebuah sindrom yang disebabkan oleh terbentuk beberapa kumpulan kista berukuran kecil di dalam indung telur. Dampak yang terjadi akibat keberadaan kista di indung telur ini cukup banyak dan sangat berpengaruh terhadap siklus haid bulanan Anda.

Adanya kista tersebut di dalam indung telur akan menyebabkan produksi hormon menjadi tidak seimbang. Salah satu hormon yang akan terpengaruh adalah hormone testosteron. Produksi hormone testosterone akan meningkat. Padahal umumnya wanita hanya akan memiliki sedikit kandungan hormon testosteron pada tubuhnya.

Selain itu, Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) akan mengganggu proses pelepasan sel telur dari indung telur sehingga proses haid menjadi terganggu. Jika dibiarkan, bisa saja proses haid tidak akan terjadi sama sekali.

  1. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi juga ternyata dapat mempengaruhi siklus haid Anda. Beberapa alat kontrasepsi seperti pil KB ataupun IUD spiral dapat menyebabkan perubahan pada siklus haid Anda. Bahkan dalam beberapa kasus penggunaan IUD spiral, nyeri perut akan terasa ketika siklus haid sedang berlangsung.

Hal ini berbeda dengan penggunaan pil KB. Sebelum proses haid terhenti, Anda akan tetap mengalami menstruasi. Namun, darah yang keluar akan sangat sedikit dan siklusnya pun terkadang tidak teratur seperti biasanya.

  1. Kehamilan

Penyebab terakhir yang menyebabkan haid Anda tidak lancar adalah hamil. Bagi Anda yang merasa menstruasi tidak datang selama beberapa waktu, cobalah untuk melakukan tes kehamilan. Karena jika hamil, maka menstruasi tidak akan pernah terjadi sekalipun Anda mengonsumsi obat pelancar menstruasi secara rutin.

Itulah beberapa penyebab haid menjadi tidak lancar. Mengetahui penyebab Anda mengalami siklus haid yang tidal lancar sangatlah penting. Dengan mengetahui penyebab masalah siklus haid, maka Anda dapat menentukan langkah apa yang sesuai untuk dilakukan selanjutnya agar haid menjadi lancar.

Tipe-Tipe Gangguan Pada Menstruasi

Ketidaklancaran haid yang sebagian besar dialami wanita ternyata memiliki beberapa jenis tipe. Tipe tersebut dibedakan berdasarkan lama waktunya. Tipe-tipe gangguan menstruasi tersebut antara lain adalah:

  1. Oligomenorrhea

Merupakan sebuah kondisi dimana sebuah siklus haid yang dialami seorang wanita menjadi lebih lama dari biasanya. Normalnya satu siklus haid yang terjadi pada wanita adalah selama kurang lebih 21 hari. Namun pada tipe oligomenorrhea satu siklus haid bisa terjadi selama 35 hari atau lebih. Dengan kata lain tidak terjadi haid pada wanita selama lebih dari 35 hari.

  1. Polymenorrhe

Tipe ini merupakan kebalikan dari oligomenorrhea. Pada tipe ini, siklus haid terjadi lebih cepat dari siklus normal. Jika mengalami gangguan ini, siklus haid Anda akan kurang dari 21 hari.

  1. Amenorrhea

Gangguan ini juga memiliki kemiripan dengan oligomenorrhea. Hanya saja periode siklus haid yang terjadi menjadi semakin lama, yaitu lebih dari 90 hari atau 3 bulan. Dengan kata lain, jika mengalami tipe gangguan ini, maka Anda tidak akan mengalami proses haid selama tiga bulan berturut-turut.

  1. Metrorrhagia

Gangguan haid ini merupakan sebuah masalah haid dimana proses pendarahan pada saat haid akan berlangsung lama. Biasanya haid akan berhenti setelah 7 hari, maka pada kasus metrorrhagia ini pendarahan akan berlangsung lebih dari 7 hari. Hal ini disebabkan karena volume darah yang akan dikeluarkan berjumlah lebih banyak dari biasanya.

Obat Pelancar Haid Cytotec

Obat pelancar haid jenis ini merupakan salah satu obat pelancar mestruasi yang paling ampuh. Obat cytotec ini bukanlah jenis obat pelancar mestruasi biasa. Obat ini dikhususkan bagi orang yang ingin menggugurkan kandungannya. Menggugurkan kandungan disini tentu saja dengan alasan yang logis dan legal, salah satunya adalah karena masalah kesehatan.

Obat pelancar haid cytotec ini terdiri dari dua jenis. Dua jenis tersebut antara lain adalah jenis misoprostol dan juga jenis gastrul. Namun, tentu saja obat ini tidak akan dijual secara bebas di pasaran. Bahkan sebelum memutuskan untuk menggunakan obat ini,  Anda terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter dan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu.

Nantinya setelah dirasa layak dan aman, Anda akan diberikan resep obat tersebut yang bisa ditukarkan di apotik. Apotik juga sangat menjaga ketat dalam hal penjualan obat ini. Anda harus memberikan resep dokter dengan jelas, barulah bisa memperoleh obat pelancar haid ini.

Obat jenis cytotec ini memiliki ciri-ciri khusus yang bisa kenali, sehingga Anda bisa membedakan mana produk obat yang asli dan mana produk obat tiruan. Obat ini memiliki bentuk seperti segi enam dan berwarna hijau. Ada banyak jenis obat tiruan cytotec ini yang beredar dipasaran. Tetapi, Anda tak perlu khawatir karena obat pelancar haid tiruan tersebut memiliki warna yang berbeda yaitu warna putih.

Adapun dosis yang terkandung dalam satu tablet obat cytotec adalah sebesar 200 mcg. Ciri lainnya yang dimiliki obat ini adalah terdapat garis yang terlihat seperti memisahkan obat. Obat cytotec ini dikemas dalam bentuk bungkusan dengan bentuk satu bungkus satu obat dan bukan dikemas secara banyak dalam botol obat.

Adapun cara kerja dari obat cytotec ini adalah dengan cara membendung hormon progesteron yang digunakan untuk mempertahankan kehamilan. Apabila hormon progesterone tersebut dibendung, maka jalur kehamilan nantinya akan membuka kemudiaan lama kelamaan leher rahim akan menjadi lunak. Rahim akan mulai meluruh sehingga mengeluarkan darah yang menjadi tanda obat itu bekerja.

Cara Pakai Obat Pelancar Haid Cytotec

cara pakai cytotec

Adapun cara pakai obat pelancar haid cytotec ini adalah dengan mengikuti dosis dan petunjuk yang telah diberikan oleh dokter Anda. Lalu minumlah setiap satu dosis obat ini dengan bantuan segelas air putih. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk meminum obat ini sebanyak empat kali dalam sehari. Adapun waktunya yaitu ketika setelah makan dan sebelum tidur.

Konsumsilah obat ini dengan batas waktu sesuai dengan apa yang telah dokter Anda berikan. Hal yang paling penting yang harus Anda ingat adalah jangan sekali-kali berbagi obat cytotec ini dengan orang lain. Hal ini dikarenakan obat ini telah dientukan untuk kondisi spesifik Anda sendiri dan bukan untuk kondisi orang lain.

Anda juga harus berhati-hati dalam menyimpan obat pelancar menstruasi cytotec ini. Simpanlah obat jenis ini pada suhu kamar. Hindari tindakan menyimpan obat cytotec ini pada tempat yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi dan juga suhu panas yang tinggi.

Efek Samping Menggunakan Obat Pelancar Haid Cytotec

obat pelancar haid cytotec

Obat pelancar haid cytotec ini juga memiliki efek samping bagi penggunanya. Oleh karena itu, penggunaan obat ini haruslah berada di bawah pengawasan dokter. Karena jika menggunakan obat ini secara sembarangan, maka Anda akan terkena dampak yang cukup fatal bahkan menjadi berbahaya bagi kesehatan rahim.

Adapun efek samping yang ditimbulkan obat ini adalah menggigil, mual, demam, lemas dan juga keram. Namun Anda tak perlu khawatir, karena efek samping yang ditimbulkan ini hanya berlangsung secara sementara dan akan hilang setelah beberapa jam. Untuk demam biasanya jarang terjadi sehingga Anda tak perlu khawatir, asalkan penggunaan obat ini tetap berada pada pengawasan dokter.

Bahan Alami Untuk Membantu Melancarkan Haid

cara alami melancarkan haid

Jika mengalami gangguan pada siklus haid bukan karena kehamilan, ada baiknya Anda mengatasinya dengan obat-obat yang terbuat dari bahan alami saja. Selain mudah, obat yang dibuat sendiri dari bahan alami biasanya tidak akan menimbulkan efek samping bagi yang mengonsumsinya. Beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah haid tidak lancar antara lain adalah:

  1. Kunyit

Bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat untuk membantu melancarkan haid adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan senyawa kurkumin yang cukup tinggi. Senyawa kurkumin ini dapat berkhasiat sebagai anti-oksidan dan juga anti-inflamasi. Sehingga cocok bila dijadikan sebagai obat untuk melancarkan haid.

Adapun cara mengonsumsi kunyit sebagai obat pelancar haid adalah dengan menjadikannya jamu. Campurkan beberapa rempah-rempah lainnya bersama kunyit dan minumlah jamu tersebut secara rutin untuk memperlancar siklus haid Anda.

  1. Daun Pepaya

Walaupun memiliki cita rasa pahit, ternyata daun pepaya memiliki manfaat sebagai bahan alami yang membantu melancarkan haid. Adapun zat bermanfaat yang terkandung pada daun pepaya adalah kalsium dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B, C, D, bahkan vitamin E. Oleh karena itu, daun pepaya dikenal memiliki berbagai macam khasiat.

Cara mengolah daun pepaya sebagai obat untuk melancarkan haid adalah dengan merebusnya bersama dengan dua gelas air, asam jawa dan juga garam. Setelah air rebusan menyusut menjadi satu gelas, angkat dan minumlah air tersebut. Selain membantu melancarkan haid, rebusan daun pepaya juga dapat digunakan untuk mengurangi nyeri haid.

  1. Air Kelapa Hijau

Bahan lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai bahan obat melancarkan haid adalah air kelapa hijau. Ada banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam air kelapa hijau. Salah satu kandungan tersebut adalah senyawa laurat. Senyawa laurat ini memiliki khasiat sebagai anti-jamur, anti-bakteri, bahkan anti-virus.

Selain itu, air kelapa hijau juga memiliki banyak kandungan gizi lainnya. Dengan banyakntya kandungan yang dimiliki oleh air kelapa hijau, membuatnya menjadi sosok dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membantu melancarkan haid. Anda hanya perlu mengonsumsi air kelapa hijau setelah rutin agar siklus haid menjadi lancar.

  1. Wortel

Wortel dikenal memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga. Kandungan kedua vitamin tersebut membuat wortel cocok menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membantu dalam melancarkan haid.

Anda hanya perlu rutin mengonsumsi jus wortel tanpa gula setiap hari. Dengan demikian, siklus datang bulan Anda akan terjadwal dengan baik tanpa ada hambatan. Cara ini dinilai cukup efektif bagi banyak wanita dalam melancarkan siklus haid bulanannya.

  1. Jahe

Bahan lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai bahan alami untuk membantu kelancaran siklus haid adalah jahe. Jenis rempah-rempahan ini ternyata memiliki khasiat yang sama dengan kunyit yaitu dapat membantu melancarkan haid.

Ada banyak sekali kandungan yang dimiliki oleh jahe ini. Beberapa kandungan tersebut adalah vitamin A, B2, dan juga vitamin C. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan minyak atsiri, serat, lemak, zat, besi, kalsium, fosfor, sodium, dan juga niasin.

Adapun cara memanfaatkan jahe sebagai obat untuk melancarkan haid adalah dengan cara di seduh kemudian dicampur dengan madu. Anda juga bisa mencampur jahe dan juga kunyit, kemudian bahan jamu lainnya sebagai minuman pelancar datang bulan.

Hal Lainnya yang Bisa Dilakukan Untuk Memperlancar Haid

Selain mengonsumsi obat pelancar haid atau ramuan bahan alami pelancar haid, Anda juga perlu melakukan hal lainnya agar haid menjadi lancar. Beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memperlancar haid adalah:

  1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Anda harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanlah makanan yang sehat dengan gizi yang tinggi. Dengan demikian, asupan gizi tubuh Anda dapat terpenuhi dengan baik. Asupan gizi yang terpenuhi dengan baik akan membuat produksi hormon juga menjadi lancar, akibatnya siklus haid pun akan berjalan dengan lancar.

  1. Rajin Berolahraga

Hal lainnya yang harus Anda lakukan agar siklus haid dapat berjalan dengan lancar adalah dengan rutin berolahraga. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, rajin berolahraga juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan membuat siklus haid menjadi lancar juga.

  1. Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat juga berpengaruh dalam kelancaran haid. Istirahat yang cukup akan membuat produksi hormon kortisol yang berfungsi sebagai peredam stress menjadi teratur. Dengan demikian, Anda tidak akan merasakan stress dan kinerja kelenjar hypothalamus tidak akan terganggu sehingga haid akan menjadi lancar.

  1. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Air putih berfungsi untuk membantu menyeimbangkan proses metabolisme yang ada di dalam tubuh. Proses metabolisme yang lancar akan membantu melancarkan siklus haid juga. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengonsumsi air putih.

 

Jika mengalami haid tidak lancar, janganlah  khawatir . Anda dapat mencoba beberapa cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Semoga bermanfaat

Untuk Informasi pemesanan obat aborsi 1 sampai 6 bulan bisa hubungi kami lewat whatsaap : 082135854449 (klik langsung chat otomatis)

Tinggalkan komentar